Sunday, 23 November 2014

Dasar pemograman Borland Delphi 7


di Postingan kali ini saya  akan memberikan dasar pemograman Borland Delphi 7.mangga Disimak Temen Temen Semua.
Borland Delphi 7 -> Pengenalan Awal
Delphi adalah suatu bahasa pemograman ( development language ) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. keunggulan Delphi dibanding bahasa pemograman lainnya :
1. IDE ( integrated Development Environment ) yakni lingkungan aplikasi yang didalamnya terdapat menu menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
2. mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turudan dari pascal.
3. sifatnya multi purphase yakni mudah digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi
Mengenal Lembar Kerja Delphi 7 :
Untuk Membuka Program Pilih Start -> Program File  -> Borland Delphi 7 -> Delphi 7.exe
Lembar Kerja Delphi
Bagian Bagian dari Lembar Kerja Delphi, Berikut Penjabarannya :
1. Object Tree View -> diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis komponen kompenen dalam project program. meliputi Form, Modul, Frame yang sesuai dengan penempatannya.
Jendela Object Tree View
2. Object Inspector -> Merupakan jendela yang digunakan guna mengatur tampilan komponen pada form, seperti menulisan tampilan Caption, Penamaan dari suatu komponent. Object Inspector secara umum terbagi menjadi 2 tab, Yakni :
Object Properties yang digunakan untuk mengatur tampilan dalam suatu komponen baik itu nama, warna, font, border dan lain sebagainya.
Jendela Object Inspektor Properties
Object Event yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari perintah-perintah coding yang kita buat didalam komponent, agar berjalan seperti yang kita inginkan.Baca juga :cara menggabungkan foto dengan photoshop
Jendela Object Inspector Event
 3. Form Designer -> Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang suatu tampilan aplikasi program yang dapat dimasukkan komponen komponent pallete.
Tampilan Form Designer
4. Component Pallete -> Merupakan Kumpulan Icon yang Digunakan untuk merancang suatu aplikasi, dimana mereka akan membentuk suatu interface sebuah aplikasi. Dalam Setiap komponen Pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.
Berikut Beberapa Fungsi Dari Suatu Pallete Standart :

Component dan Fungsin Pallete
5. Code Editor -> Bagian dari Delphi yang kita gunakan dalam penulisan Kode Program. Pada bagian Code Editor terdapat 3 bagian tama yakni = bagian paling kiri yang berupa angka menunjukan baris dan kolom dan keterangan modified menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhadap baris program. dan yang paling kanan menunjukkan tentang tombol insert atau overwrite.

Tampilan Jendela Unit.
Nah itulah beberapa komponen dari Borland Delphi nich, Sederhana kan kita tinggal memperbanyak praktek praktek dalam penggunaan delphi ini jika kita sudah mengetahui beberapa component standar yang akan kita temui nanti dalam pembuatan aplikasi Delphi. Nah Mungkin itu dulu pertemuan kita kali ini.
Baca juga :cara menggabungkan foto dengan photoshop
Posted by kolodit firmansyah
kolodit Updated at: 11:28